Adloaded

Adhitz.com

Metavertizer

Sunday, June 16, 2013

Interactive System


Sistem Interaktif

Suatu sistem interaktif memungkinkan user untuk mencapai suatu tujuan tertentu dalam suatu aplikasi sehingga suatu sistem interaktif menjadi dapat didayagunakan untuk meningkatkan akan keberhasilan suatu sistem aplikasi. System interaktif memiliki beberapa bagian yang saling mendukung, yaitu interactive entertainment dan interactive program.

Interactive Entertainment
Interactive Entertainment ialah sebuah interaktif yang bertujuan dalam membuat sebuah produksi dan memberikan layanan yang bersifat menghibur (entertainment) kepada pengguna sehingga mereka dapat langsung merespon dengan cara memberikan umpan balik.
Interactive Entertainment memiliki konsep memberikan informasi - informasi berupa kombinasi data teks, gambar, animasi dan video yang telah diberi kemampuan untuk mengatur atau mengontrol elemen elemen yang telah dibuat atau yang telah ada sehingga pengguna dapat dengan mudah berinteraktif dengan informasi informasi tersebut.

Interactive Programs

Interactive programming merupakan bagian dari prosedur penulisan sebuah program ketika sudah aktif. Interactive programming memfokuskan pada syntax program sebagai antarmuka utama untuk proses yang berjalan, bukan sebuah aplikasi interaktif, di mana program ini dirancang dalam siklus pengembangan dan untuk digunakan sesudahnya.

Dalam interactive programs, keterlibatan user dalam pembuatan sebuah program sangatlah penting, karena sebuah program dibuat untuk memenuhi kebutuhan user. Komunikasi antara user dan program akan terwujud dengan adanya tampilan antarmuka / GUI yang dibangun pada program tersebut. Dengan adanya GUI, Interactive system menjadi lebih terdukung karena tampilan program kepada user menjadi lebih mudah digunakan.

GUI (Graphical User Interface)
GUI / tampilan antar muka, merupakan salah satu model interaksi antara manusia dan komputer.

FUNGSI GUI
Selain mempermudah user dalam menjalankan program, GUI / tampilan antar muka juga memiliki fungsi lain, diantaranya :

(1). Pointing device dengan perangkat berupa mouse.
(2). Memiliki fungsi sebagai plug and play, yang memudahkan user dalam menginstall dan uninstall hardware / sofware (sinkronisasi).
(3). Membuat software-software yang menuntut aplikasi dalam komputer user yang dapat digunakan untuk kegiatan user dalam proses seperti menulis text, spreadsheet. sound, graphic dan lain-lain.
(4). Untuk digunakan dalam pembuatan System Operasi sebagai User friendly dan ergonomis.
(5). Pembuatan website.
(6). Opensource software/hardware atau pengembang aplikasi-aplikasi skala besar lainnya.


KOMPONEN – KOMPONEN GUI :

  1. Label


Memberikan nama untuk sesuatu didalam frame


  1. List


Menampilkan daftar pilihan yang ada

  1. Button


Sebuah tombol yang akan mengaktifkan sebuah event jika ditekan

  1. Menu bar


Menampilkan pilihan menu

  1. Combo box


Menampilkan pilihan dengan cara di expand

  1. Radio button


Membuat daftar pilihan, tapi hanya bisa memilih satu pilihansaja.

  1. Check box


Hampir sama dengan Radio button, tapi kalau Check box bisa memilih beberapa pilihan yang tersedia.


EVENT

Event adalah kejadian yang muncul ketika user berinteraksi dengan aplikasi. Macam – macam event pada GUI (Graphical User Interface) :

Event Source
Komponen GUI yang membuat event atau tempat terjadinya event.yaitu berupa komponen-komponen visual, seperti : button, combo box, text field, etc.

Event Model
Interaksi antara user dan komponen GUI. Untuk mendeskripsikan bagaimana program merespon interaksi user terdapat bagian-bagian penting yaitu event source dan event listener / Handler.

Event Listener
Objek penerima & pengolah event. Menerima dan menangani event, mengandung business logic. Contoh: menampilkan informasi penting ke user, melakukan komputasi matematis, dan lain sebagainya.

Event Object
Objek yang terbentuk saat terjadi event. Yaitu ketika user berinteraksi dengan komponen GUI. Seperti : tekan button, ketik di text field, dll. Mengandung semua informasi yang berhubungan dengan event yang muncul, seperti : Tipe event yang muncul, asal dari event tersebut. Direpresentasikan oleh class Event.

Event Handler
Event Handler berupa blok method dari listener yang menentukan proses selanjutnya setelah komponen mendapatkan event. Misalkan pada event tombol simpan ditekan, event listener akan menangkap event pada Event Source tombol Simpan, kemudian Event Handler akan menyimpan data yang akan didefenisikan pada blok Event Handler.

Dipandang dari konsep struktur interactive programs, event dari standard programming dengan interactive programming memiliki perbedaan yang signifikan.
Pada interactive programming, dalam menyelesaikan masalah yang perlu penambahan algoritma, program dapat terus dijalankan tanpa harus dihentikan selama penulisan ulang dari program. Hal tersebut berbeda dengan event dari standard programming yang bersifat kebalikannya.

Definisi mengenai event dalam konsep struktur interactive program yaitu kejadian yang terjadi atas interaksi dari komputer dengan manusia.





mengenai evet dari standard programming dengan interactive programming memiliki perbedaan dimana pada interactive programming, dalam menyelesaikan masalah yang perlu penambahan algoritma, program dapat terus dijalankan tanpa harus dihentikan selama penulisan ulang dari program, berbeda dengan standard programming.



Referensi :
http://www. nryulia.staff.gunadarma.ac.id








Bidvertiser.com

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...