Adloaded

Adhitz.com

Metavertizer

Monday, March 17, 2014

Tugas 1, Part 1. Penerapan Komputasi Modern Pada Website "PT. PLN Persero"

Wedew . . . gk berasa kuliah udah masuk semester 8 aja, perasaan baru kemaren masuk Universitas Gunadarma. Oiya, udah lama neh gak nulis di blog, ngomong – ngomong, postingan kali ini membahas tentang “Komputasi Modern” suatu perusahaan, kenapa membahas itu ? yak, karena dapet tugas disuruh review website yang menggunakan “Komputasi Modern” hhehehe . . .

Sebelum membahas lebih jauh tentang komputasi modern, mari kita cari tahu apa sih yang di maksud dengan komputasi modern itu ?

Komputasi dapat diartikan sebagai cara untuk menemukan pemecahan permasalahan dari data input dengan suatu algoritma. Komputasi merupakan subbagian dari matematika. Selama ribuan tahun, perhitungan dan komputasi menggunakan pena dan kertas, atau kapur dan batu tulis, atau dikerjakan secara mental dan kadang-kadang menggunakan tabel. Komputasi modern menghitung dan mencari solusi dari masalah yang ada.

Jadi,dapat disimpulkan bahwa komputasi modern adalah sebuah konsep sistem yang menerima intruksi-intruksi dan menyimpannya dalam sebuah memory, memory disini bisa juga dari memory komputer. Oleh karena pada saat ini kita melakukan komputasi menggunakan komputer maka bisa dibilang komputer merupakan sebuah komputasi modern.

Dalam kerjanya komputasi modern menghitung dan mencari solusi dari masalah yang ada, dan perhitungan yang dilakukan itu meliputi :

1.Akurasi (bit, Floating poin)
2. Kecepatan (Dalam satuan Hz)
3. Problem volume besar (Down sizing atau paralel)
4. Modeling (NN dan GA)
5. Kompleksitas (Menggunakan teori Big O)

Jenis-jenis komputasi modern ada 3 macam, yaitu :
1. Mobile Computing atau Komputasi Bergerak

Mobile computing (komputasi bergerak) merupakan kemajuan teknologi komputer sehingga dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel serta mudah dibawa atau berpindah tempat, berbeda dengan komputasi kabel yang harus menggunakan kabel sebagai media penghubungnya dan tidak dapat dipindah - pindahkan. Berdasarkan penjelasan tersebut, untuk kemajuan teknologi ke arah yang lebih dinamis membutuhkan perubahan dari sisi manusia maupun alat. Contoh dari mobile computing adalah GPS, smart phone, dan sebagainya.  

2. Grid Computing

Komputasi grid memanfaatkan kekuatan pengolahan idle berbagai unit komputer, dan menggunakan kekuatan proses untuk menghitung satu pekerjaan. Pekerjaan itu sendiri dikontrol oleh satu komputer utama, dan dipecah menjadi beberapa tugas yang dapat dilaksanakan secara bersamaan pada komputer yang berbeda. Tugas-tugas ini tidak perlu saling eksklusif, meskipun itu adalah skenario yang ideal. Sebagai tugas lengkap pada berbagai unit komputasi, hasil dikirim kembali ke unit pengendali, yang kemudian collates itu membentuk keluaran kohesif (bingung ya ?? sama, gw juga bingung gan). Keuntungan dari komputasi grid adalah dua kali lipat: pertama, kekuatan pemrosesan yang tidak digunakan secara efektif digunakan, memaksimalkan sumber daya yang tersedia dan, kedua, waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan besar berkurang secara signifikan.

3. Cloud Computing   

(nah . . . ini yang lagi booming neh, teknologi terbaru) Cloud computing adalah perluasan dari konsep pemrograman berorientasi objek abstraksi. Abstraksi, sebagaimana dijelaskan sebelumnya, menghapus rincian kerja yang kompleks dari visibilitas. Semua yang terlihat adalah sebuah antarmuka, yang menerima masukan dan memberikan output. Bagaimana output ini dihitung benar-benar tersembunyi. Sebagai contoh, seorang sopir mobil tahu bahwa roda kemudi dengan memutar arah mobil yang mereka ingin pergi atau yang menekan pedal gas akan menyebabkan mobil untuk mempercepat. Sopir biasanya tidak peduli tentang bagaimana arah dari roda kemudi dan pedal gas tersebut diterjemahkan ke dalam gerakan yang sebenarnya dari mobil. Oleh karena itu, rincian ini diabstraksikan dari sopir.

Adapun perbedaan antara komputasi mobile, komputasi grid dan komputasi cloud, dapat dilihat penjelasannya dibawah ini:
  • Komputasi mobile menggunakan teknologi komputer yang bekerja seperti handphone, sedangkan komputasi grid dan cloud menggunakan komputer.
  • Biaya untuk tenaga komputasi mobile lebih mahal dibandingkan dengan komputasi grid dan cloud.
  • Komputasi mobile tidak membutuhkan tempat danmudah dibawa kemana-mana, sedangkan grid dan cloud membutuhkan tempat yang khusus.
  • Untuk komputasi mobile proses tergantung si pengguna, komputasi grid proses tergantung pengguna mendapatkan server atau tidak, dan komputasi cloud prosesnya membutuhkan jaringan internet sebagai penghubungnya.

(ribet ya gan ? biar gk pusing, kita liat contohnya aja deh)
kita masuk pada website perusahaan yang menggunakan komputasi modern yaitu PT.PLN persero (kenapa milih PT. PLN Persero, emangnya web lain gk ada ?? karena waktu search di gugel nemunya ini gan. Hhehehe . . . ). Website PT.PLN persero mengunakan layanan online untuk Cek tagihan Rekening, dengan menggunakan ID pelanggan seperti ini :


melakukan pemasangan listik baru dengan mengisi data-data seperti berikut :


melakukan perubahan daya/ migrasi online sebagai berikut :


Dan lain lain, untuk selengkapnya silahkan kunjungi website PT.PLN Persero-nya disini gan. www.pln.co.id

Komentar Pribadi : tampilan website PLN sangat bagus, dan mudah dioperasikan oleh pengunjung webnya. Fitur – fitur yang disediakan juga cukup lengkap. Tapi sayangnya web ini belum mendukung pembayaran tagihan listrik secara online.
Selain itu, web ini juga menyediakan berita - berita terkait PLN, dan menyediakan laporan keuangan secara transparan dan dapat di download oleh masyarakat, sehingga kita dapat mengetahui aliran dana PLN secara langsung.
keterangan tentang profil perusahaan juga sangat lengkap, mencakup visi dan misi perusahaan, jajaran direksi, anak perusahaan yang dikelola serta jajaran dewan komisaris.

Sumur gan :



Bidvertiser.com

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...