Adloaded

Adhitz.com

Metavertizer

Tuesday, May 6, 2014

Disiplin dalam Belajar

Pengertian Disiplin Belajar – Apa sih sebenarnya pengertian dari disiplin belajar itu.? sebaiknya para siswsa dan mahasiswa memahami betul konsep dari disiplin belajar, nah arti disiplin apabila dilihat dari segi bahasanya itu sendiri adalah latihan ingatan dan watak untuk menciptakan pengawasan (kontrol diri), atau bisa juga kebiasaan mematuhi ketentuan dan perintah. Jadi arti disiplin secara lengkap adalah kesadaran untuk melakukan sesuatu pekerjaan dengan tertib dan teratur sesuai dengan peraturan-peraturan yang berlaku dengan penuh tanggung jawab tanpa paksaan dari siapa pun (Asy Mas’udi, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan(Yogyakarta: PT Tiga Serangkai, 2000), h. 88.). Pengertian Disiplin Belajar


Sikap disiplin tidak secara otomatis ada pada diri siswa sejak ia lahir, melainkan disiplin dibentuk dengan memerlukan latihan-latihan dan kebiasaan sejak dini. Pembentukkan kedisiplinan belajar sejak dini juga tidak bisa lepas dari peran orang tua. Orang tua sebagai pengasuh dan pembimbing dalam keluarga sangat berperan dalam meletakkan dasar-dasar perilaku bagi anak. Perhatian yang diberikan oleh orang tua kepada anak akan selalu dilihat dan dinilai yang kemudian semua itu secara sadar atau tidak sadar diresapi yang akhirnya menjadi kebiasaan bagi anak-anak. Di samping itu komunikasi yang efektif antara anak Sikap disiplin tidak secara otomatis ada pada diri siswa sejak ia lahir, melainkan disiplin dibentuk dengan memerlukan latihan-latihan dan kebiasaan sejak dini.

Disiplin merupakan perasaan taat dan patuh terhadap nilai-nilai yang dipercaya termasuk melakukan pekerjaan tertentu yang menjadi tanggung jawabnya. (http://id.wikipedia.org/wiki/Disiplin)


Disiplin juga tidak hanya dilakukan dalam hal mengerjakan suatu pekerjaan. Tetapi disiplin juga dilakukan pada waktu, ibadah, lingkungan dan pada diri sendiri. Contoh disiplin pada waktu yaitu kita harus menggunakan waktu dengan baik, sedangkan contoh disiplin pada ibadah adalah mematuhi perintah - NYA. Contoh disiplin pada lingkungan adalah mengikuti partisipasi dalam kerja bakti yang diadakan tiap minggu sekali. Dan contoh disiplin pada diri sendiri yaitu melakukan suatu pekerjaan atau kegiatan dengan langsung tanpa menunda – nunda waktu dengan percuma.

Belajar adalah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat. Belajar merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respon. Seseorang dianggap telah belajar sesuatu jika dia dapat menunjukkan perubahan perilakunya. Menurut teori ini dalam belajar yang penting adalah input yang berupa stimulus dan output yang berupa respon. (http://id.wikipedia.org/wiki/Belajar)

Belajar merupakan kegiatan yang fundamental dalam pendidikan, dimana dalam belajar terjadi tahapan perubahan seluruh tingkah laku individu yang relatif menetap dari hasil interaksi dan pengalaman lingkungan yang melibatkan proses kognitif. Belajar menjadi dasar individu untuk mencapai keberhasilan dengan interaksi dan pengalaman yang didapatnya. Untuk mencapai tujuan tersebut tidak hanya proses kognitif yang berlangsung tetapi juga harus didukung dengan kesadaran dalam diri anak untuk memiliki kedisiplinan di dalam belajar.

Disiplin dalam belajar adalah sikap taat dan patuh sehingga seseorang mengalami perubahan dalam perilaku atau potensi.

Sikap disiplin dalam belajar yaitu, belajar sesuai waktu dan kaidah yang disarankan, belajar dengan sungguh – sungguh, memperhatikan dengan seksama apa yang diajarkan oleh guru atau dosen.

Bidvertiser.com

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...