Adloaded

Adhitz.com

Metavertizer

Monday, April 22, 2013

Tugas Pengantar Teknologi Game ke 1


Scan Conversion
Scan Conversion merupakan metoda untuk memetakan titik kedalam suatu pixel. Scan Conversion dapat dilakukan terhadap Line (garis), polygon, ataupun garis lengkung (kurva).

Tugas:
1.        Sebutkana lgoritma untuk menggambar garis!
-          Algoritma DDA
-          Algoritma Bresenham
-          Algoritma Midpoint

2.        Berikan satu (1) algoritma untuk menggambar garis!
-          AlgoritmaBresenham
Algoritma Bresenham dikembangkan oleh Bresenham pada tahun 1905.Algoritma ini merupakan perbaikan dari algoritma sebelumnya tentang menggambar sebuah garis.Berikut langkah – langkah dalam menggambar garis dengan menggunakan Algoritma Bresenham :
Ø  Masukkan 2 endpoint, simpan end point kiri sebagai (x0,y0) dan kanan (x1,y1)
Ø  Hitung konstanta 

Ø  Pada setiap x k di garis, dimulaidari k=0, ujilah : Jika pk o maka plot (xk+1, yk+1) dan pk = pk+
Ø  Ulangi tahap 3 sampaimencapaix,y yang dituju

3.        Yang harus diperhatikan dalam menggambar garis:
Ø  Ketebalan garis (thickness) dan
Ø  Bentuk tepi garis (ends): Butt, Round, dan Square.
Berikan contoh gambar garis dengan bentuk tepi Butt, Round, dan Square!

4.        Penggabungan garis (Joining): Ugly, Bevel, Round, Miter.
Berikan contoh gambar penggabungan dua garis dengan tipe Ugly, Bevel, Round, dan Miter.


-          Ugly Join
Merupakan penggabungan dua buah garis yang memilik sudut pertemuan menjorok kedalam.
-          Bevel
Merupakan penggabungan dua buah garis yang memilik sudut pertemuan menjorok keluar.
-          Round
Merupakan penggabungan dua buah garis dengan membentuk lengkungan.
-          Miter
Merupakan penggabungan dua buah garis yang membentuk lancip.

Transformations

Transformation adalah suatu metoda untuk mengubah lokasi titik.Operasi-Operasi Primitive padaTransformation sterbagi menjadi:
Ø  Scale,
Ø  Rotate,
Ø  Shear,
Ø  Flip,
Ø  Translate

Tugas:
5.        Berikancontoh:
a.       Satu gambar objek.

b.      Hasil transformasi object tersebut yang ditransformasikan dengan Scale, Rotate, Shear, Flip, Translate, danRotasi
1.      Scale

2.      Rotate


3.      shear
4.      Flip
5.      Translate

6.    Apakah perbedaan antara Linear Transformation dan Non-Linear Transformation?
Jawab :
tansformasi linier adalah yaitu pemetaan dari satu ruang vektor ke ruang vektor yang lain yang memenuhi aksioma kelinieran. Transformasi linier banyak dipakai dalam bidang-bidang yang lain, seperti: ekonomi, fisika, keteknikan, dll. Khusus untuk informatika banyak dipakai dalam bidang citra (image). Sedangkan Non-Linear Transformation adalah : tansformasi linier adalah yaitu pemetaan dari satu ruang vektor ke ruang vektor yang lain dengan tidak  memenuhi aksioma kelinieran.

7.    Berikan contoh Linear Transformation dan Non-Linear Transformation dari Operasi-Operasi Primitive transformation!
Jawab :
contoh linier transformation
Misalkan F pemetaan dari R3 ke R2 dengan rumus:
F(x, y, z)=(x + 2y, 2x - 3z)
Maka (0, 1, -1) adalah prapeta dari (2, 3),
karena F(0, 1, -1)=(2, 3).
Contoh transformasi non linier :
Ambil u, vR3, misalkan u=(x1, y1, z1) dan v=( x2, y2, z2),
dengan mengingat aturan penjumlahan vektor
u+v=( x1+ x2, y1 + y2, z1 + z2),
maka nilai fungsi u+v adalah:
F(u + v) = (( x1+ x2) + 2(y1 + y2), 2(x1+ x2) – 3(z1 + z2))
{definisi fungsi}
F(u + v) = (x1+ x2 + 2y1 + 2y2, 2x1+ 2x2 – 3z1 – 3z2)

8.    Apakah perbedaan antara Geometric Transformation dan Color Space Transformation?
Jawab :
geometric transformation adalah perpindahan objek dari suatu tempat ke tempat lain dengan memperhatikan garis perbedaan dari tempat benda tersebut bergeser . Sedangkan color space transformation adalah perpindahan benda dari suatu tempat ke tempat lain dengan memperhatikan perubahan warna pada objek tesebut.

9.    Apakah yang dimaksud dengan Koordinat Homogen (Homogeneous Coordiantes)?
Jawab :
adalah sistem koordinat yang digunakan dalam geometri proyektif, sebagai koordinat Cartesian digunakan dalam geometri Euclidean. Mereka memiliki keuntungan koordinat titik, termasuk titik di tak terhingga, hal ini dapat direpresentasikan menggunakan koordinat terbatas. Rumus koordinat homogen sangat sederhana dan lebih simetris dari pada rumus-rumus Cartesian. Koordinat homogen memiliki berbagai aplikasi, termasuk komputer grafis dan visi komputer 3D, di mana mereka memungkinkan untuk ber transformasi affine dan, secara umum, transformasi proyektif untuk dapat dengan mudah diwakili oleh matriks.




PROYEKSI
Proyeksi merupakan salah satu jenis transformasi, yaitu transformasi koordinat.Proyeksi pada bidang datar (planar) dilakukan melalui sinar proyeksi yang muncul dari titik pusat proyeksi melewati setiap titik dari benda dan memotong bidang proyeksi (projection plane) untuk mendapatkan benda hasil proyeksi. Proyeksi Planar (Planar Geometric Projections) dibedakan menjadi:
1.    ProyeksiParalel.
Berdasarkan hubungan antara arah proyeksi dengan vektor normal dari bidang proyeksi, proyeksi parallel dibedakan menjadi:
1.  Orthographic àProyeksi orthographic ada yang disebutproyeksi axonometric. Proyeksi Axonometric dibedakanmenjadiproyeksi:
Ø isometric,
Ø dimetric, dan
Ø trimetric.
2. Oblique.

2.    ProyeksiPerspektif.

Perbedaan antara proyeksi parallel & perspektif adalah: pada proyeksi parallel jarak antara titik pusat proyeksi kebidang proyeksi tidak terhingga, sementara para proyeksi perspektif jarak antara titik pusat proyeksi kebidang proyeksi bersifat infinite (tertentu).

Tugas:
10.    Berikan penjelasan mengenai Proyeksi Orthographic?
Proyeksi orthographic merupakan kategori dariproyeksi paralel yang mempoyeksikan objek berdasarkan bidang proyeksi yang tegak lurus sehingga hasil dari proyeksi merupakan salah satu bidang dua dimensi dengan ukuran yang tetap dan sama dengan aslinya.Proyeksi ortografik yang umum dilakukan adalah proyeksi front elevation yang memiliki bidang proyeksi tegak lurus terhadap sumbu Z, top elevation yang memiliki bidang proyeksi tegak lurus terhadap sumbu Y dan side elevation yang memiliki bidang proyeksi tegak lurus terhadap sumbu X.
Manfaat terbesar dari visualisasi gambar-gambar ortografi adalah gambar terhindar dari distorsi atau berkesan timbulnya pemendekan, karena semua tampaknya selalu sejajar terhadap bidang gambar
11.    Berikan penjelasan mengenai Proyeksi Perspective?
Proyeksi Perspektif adalah proyeksi yang mempunyai garis proyeksi konvergen atau menuju kesatu titik pengamat.Bila obyeknya tegak lurus terhadap bidang gambar, maka akan menghasilkan perspektif satu titik lenyap. Bila obyeknya tidak tentu tegak lurus terhadap bidang gambar, maka akan menghasilkan perspektif dua titik lenyap.

Proyeksi ini disebut juga dengan proyeksi konvergen atau sentral atau juga proyeksi memusat.Dalam proyeksi ini, benda atau produk yang dijadikan objek pengamatan ditampilkan sesuai dengan apa yang dilihat oleh mata pengamat atau kamera yang dipakai untuk mengamati benda kerja tersebut. Ukuran benda yang diamati akan sangat tergantung dengan jarak pengamatan benda tersebut

12.    Berikan contoh gambar dua proyeksi tersebut!
Contoh gambar proyeksi ortografik.





Contoh gambar proyeksi perspektif.

13.    Buatlah tabel perbandingan diantara dua proyeksi tersebut!
Tabel Perbandingan

Sumber :
            Download pdf
            Download pdf
            Download pdf
            Download pdf



NPM
NAMA
Kinerja
51410540
Chairul Amri Akmal
Mengerjakan nomor 10 - 13
56410332
Saiful Anwar Eka. S
Mengerjakan nomor 5 - 9
54410257
Mateus Eko Prasetyo
Mengerjakan nomor 1-4

Bidvertiser.com

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...