Adloaded

Adhitz.com

Metavertizer

Saturday, November 24, 2012

Review Software Animasi Blender



Blender adalah program 3D dan animasi yang bersifat opensource, bebas untuk dikembangkan oleh penggunanya dan dapat didistribusikan kembali dan bersifat Legal. Blender memiliki video compositor dan intergrated game engine. Karya yang dihasilkan tidak ada sifat royalt kepada developer, dan dapat dipublikasikan baik free maupun untuk dikomersilkan. Blender merupakan salah satu program Modeling 3D dan Animation, tapi Blender mempunyai kelebihan sendiri dibandingkan program modeling 3D lainnya. Kelebihan yang dimiliki Blender adalah dapat membuat game tanpa menggunakan program tambahan lainnya, Karena Blender sudah memiliki Game Engine sendiri dan menggunakan Python sebagai bahasa pemograman yang lebih mudah ketimbang menggunakan C++,C, dll. Blender menggunakan OpenGL sebagai render grafiknya yang dapat digunakan pada berbagai macam sistem operasi seperti Windows, Linux dan Mac OS X. Gambar berikut merupakan sebuah screenshot dari salah satu project game yang dibuat menggunakan Blender. Saat ini Blender sudah mengeluarkan versi yang terbarunya, yaitu Versi 2.6 yang lebih ditujukan untuk pembuat game. Karena Versi ini memiliki fitur-fitur baru yang dirancang untuk membuat tampilan game yang lebih realistis dari pada versi sebelumnya.
Blender 2.49 memiliki fitur baru seperti:
Video Texture
Real-time GLSL
Material
Game Logic
Bullet SoftBody
Python Editor
Multilayer Textures
Physics
Render Baking dan Normal Mapping
dan lain – lain.
Blender merupakan suatu software untuk membuat suatu grafik 3D dari pembuatan objek 3D, pembuatan animasi 3D sampai pembuatan Game 3D. Untuk pembuatan dasar objek 3D di blender ini dengan cara membuat sebuah geometri objek yang ada pada tampilan pada pilihan mesh, dengan cara menekan space pada keyboard kemudian pilih add kemudian pilih Mesh.
Terdapat banyak macam geometri dasar seperti :
- Plane
- Cube
- Circle
- UVSphere
- IsoSphere
- Cylinder
- Cone
- Grid
- Monkey
- Empty Mesh
- Torus

Setiap pembuatan objek tersebut bisa dilakukan suatu perintah transformasi yaitu dapat melakukan pergeresan pada objek, dilatasi pada objek dan rotasi pada objek. Menggunakan fasilitas transformasi tersebut dapat dilakukan dengan cara menekan space pada keyboard kemudian pilih Transform. Disana banyak pilihan transformasi. Setelah mengetahui pembuatan objek dasar serta memanipulasi objek itu sendiri, blender dapat memberikan tekstur pada objek dengan cara UV Mapping. Untuk melakukan itu ada blender dapat dilihat pada window type di blender dan pilih UV/Image Editing.
Pemakaian Kamera
Tracking Camera adalah satu set kamera+armature, dengan satu tulang untuk representasi target dan satu untuk kamera, membuat tracking shot lebih mudah. Fiturnya saat ini masih minimal, tanpa opsi. Untuk instalasi, Salin ke folder ‘scripts’, lalu dari jendela Scripts Window pilih Scripts -> Update Menus atau sekalian restart Blender. Plugin ini akan muncul di Scripts -> Add -> Tracking Camera. Plugin ini otomatis membuat bone kamera terpilih (langsung siap dianimasikan) dan mengaktifkan kamera (menggantikan kamera aktif sebelumnya).

Kelebihan Blender
Salah satu kelebihan Blender adalah kemampuan program untuk menerima beberapa jenis file generik 3D dari program lain. Paling populer digunakan adalah:
a. VRML (. Wrl) file – Banyak program yang mampu mengekspor file sebagai VRMLs. SolidWorks adalah contoh yang baik yang kita gunakan. File-file ini diimpor ke Blender tanpa masalah dalam banyak kasus.
b. DXF file – format file yang sangat populer untuk mengekspor dan berbagi. Perangkat lunak arsitektur tradisional seperti AutoCAD dan SoftPlan dapat mengekspor dengan file berbentuk .DXF format. Sekali lagi, Blender biasanya menerima file ini tanpa masalah.
Untuk menyimpan file dalam format di atas dari program lain, Anda perlu untuk menemukan perintah export atau “save as”. Ini akan bervariasi tergantung pada program yang anda gunakan. Lihat rujukannya pada file help. Untuk mengimpor file VRML atau DXF menjadi sebuah adegan dalam Blender, buka gambar baru atau file yang Anda ingin masukkan objek (s) ke dalamnya. Anda hanya perlu menggunakan perintah Open File pada menu pull-down. Program tahu bahwa Anda sedang mencoba untuk membuka sesuatu selain file .blend dan akan memasukkan ke file kerja Anda. Sekarang anda perlu untuk mencari objek (s) yang baru saja disisipkan. Tergantung pada bagaimana benda itu digambar,mungkin anda perlu mengubah ukurannya atau memutarnya. Interface Blender Tampilan default user interface dari program blender adalah sebagai berikut :
Terdiri dari 3 jendela, yaitu :
1. Jendela paling atas adalah jendela User Preference.
Merupakan menu bar atau kumpulan menu-menu yang digunakan untuk mengatur tampilan dari user interface.
2. Jendela yang ditengah adalah 3D view.
Jendela tipe ini digunakan untuk semua proses editing objek 3 dimensi.
3. Jendela paling bawah adalah Button Window.
Jendela ini digunakan untuk mengubah dan mengedit berbagai macam informasi dari objek yang telah dibuat, misalnya material, light, animation, render, dll.



Keunggulan & Kelemahan B L E N D E R
• Keunggulan Blender 3D
- Interface yang user friendly dan tertata rapi.
- Tool untuk membuat objek 3D yang lengkap meliputi modeling, UV mapping,texturing, rigging, skinning, animasi, particle dan simulasi lainnya, scripting, rendering, compositing, post production dan game creation.
– Cross Platform, dengan uniform GUI dan mendukung semua platform. Blender 3D bisa anda gunakan untuk semua versi windows, Linux, OS X, FreeBSD, Irix, Sun dan sistem operasi yang lainnya.
- Kualitas arsitektur 3D yang berkualitas tinggi dan bisa dikerjakan dengan lebih cepat dan efisien.
– Dukungan yang aktif melalui forum dan komunitas.
– File Berukuran kecil.
– Free (gratis).

Adapun keunggulan Interface pada Blender secara umum adalah sebagai berikut :
- Revolusioner yang tidak tumpang tindih dan non-blocking UI memberikan alur kerja tak tertandingi.
- Fleksibel dan bisa diatur tata letak jendela dengan layar setup sebanyak yang anda suka dengan dukungan terjemahan internasional
– Setiap jendela ruang dapat dengan mudah beralih ke jendela apapun jenis (kurva editor, NLA, tampilan 3D dll)
– Text editor untuk penjelasan dan mengedit skrip Python
– Custom tema
– Antarmuka konsisten di semua platform

Shortcut Pada Blender


Hotkey
Penjelasan
Bekerja di Mode
TAB
Digunakan untuk berpindah dari mode satu ke mode yang lain.
Object ModeEdit Mode
Space
Digunakan untuk searching. Anda dapat membuat object baru, contohnya dengan menekan space kemudian mengetikkan “add plane” anda akan memperoleh plane baru.

Object ModeEdit Mode
A
Digunakan  untuk select/deselect keseluruhan objek. Untuk memilih objek satu persatu anda dapat menggunakan klik kanan pada objek.
Object ModeEdit Mode
B
Digunakan untuk menyeleksi objek menggunakan border. Caranya tekan B kemudian klik kiri pada objek yang ingin dipilih.
Object ModeEdit Mode
C
Circle Select, digunakan untuk menyeleksi objek menggunakan lingkaran.
Object ModeEdit Mode
Ctrl+i
Inverse. Untuk membalik pilihan objek.
Object ModeEdit Mode
R
Rotation, digunakan untuk memutar objek terpilih.
Object ModeEdit Mode
S
Scale, digunakan untuk merubah ukuran objek
Object ModeEdit Mode
G
Digunakan untuk memindah posisi objek.
Object ModeEdit Mode
Shift+S 
Snap, digunakan untuk menempatkan cursor  atau objek yang terseleksi  tepat pada posisi yang dipilih.
Object ModeEdit Mode
Shift+A
Add, digunakan untuk menambah objek baru.
Object Mode
Shift+A
Mesh, digunakan untuk menambah objek baru
Edit  Mode
W
Untuk memunculkan menu Special pada Object Mode maupun Edit Mode, sub menu yang muncul akan berbeda pada setiap mode-nya.

Object ModeEdit Mode
Ctrl+J
Join, untuk menggabungkan dua objek atau lebih. Caranya pilih objek-objek  yang akan di join kamudian tekan Ctrl+J

Object Mode
P
Separate, untuk memisahkan objek yang telah di join.

Edit Mode
X
Delete, untuk menghapus objek
Object ModeEdit Mode
Shift+D
Untuk duplikasi objek
Object ModeEdit Mode
Ctrl+Z
Undo
Object ModeEdit Mode
Shift+Ctrl+Z
Redo
Object ModeEdit Mode
Alt+A    
 Playback Animation, untuk menjalankan/menghentikan  animasi.
Object ModeEdit Mode
Ctrl+N  
Reload Start-Up File, digunakan untuk membuat file baru

Object Mode
Ctrl+S
Save, untuk menyimpan file.
Object ModeEdit Mode
Shift+Ctrl+S
Save As, untuk menyimpan file sebelumnya dengan nama yang berbeda.
Object ModeEdit Mode






referensi : 
http://mahadi-putrasimamora.blogspot.com/2012/03/pengenalan-blender.html
http://bihum.blogspot.com/2011/08/tutorial-blender-indonesia-hotkey.html

Bidvertiser.com

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...