Adloaded

Adhitz.com

Metavertizer

Thursday, April 19, 2012

Mengenal Inheritance dan Polimorfisme pada Java

kembali lagi bersama cumi-unik, kali ini cumi dapet tugas neh dari dosen matkul PBO, tugasnya adalah mengenai pengertian Inheritance dan contoh programnya, pada postingan kali ini cumi masih ditemai rekan kerja cumi yang ngeselin, tidak lain dan tidak bukan adalah Muhammad Dede Fahlevi (Detot).
ok langsung aja liat penjelasan dan contoh programnya dibawah ini.

Chairul Amri Akmal
Muhammad Dede Fahlevi (Rekan Kerja)

A. Inheritance
Inheritance adalah konsep penurunan data atau metod (biasanya metod) oleh class yang merupakan class turunan.
Cara mendefinisikan class turunan memiliki sintaks:
class namaClassAnak extends namaClassInduk
Dengan deklarasi seperi itu maka metod-metod dalam class induk yang bersifat public dan protected dapat di”warisi” oleh class anak



Kelas A diatas adalah Super Class dari kelas B yang akan dibuat.


Kelas A mendefinisikan konstruktor yang menampilkan pesan bahwa Konstruktor A dipanggil. Kelas A memiliki empat variable String dengan access attribute yang berbeda. Sedangkan kelas B merupakan subclass dari kelas A. konstruktor B mengganti nilai variable dari sebagian variable yang diwarisi dari kelas A. kemudian kelas B menampilkan variable – variable yang ada pada objek aa yang merupakan objek kelas A dan variable objek bb yang merupakan objek kelas B.


Kelas B diatas adalah subclass dari kelas A



Setelah subclass B di compile maka akan menghasilkan output seperti diatas.
Jika diamati dengan seksama, maka kita akan mendapati Konstruktor A ditampilkan dua kali.
Mengapa ?
Hal ini dkarenakan pada saat objek dari kelas B dibuat, maka kelas B secara tidak langsung akan memanggil konstruktor kosong dari kelas A.
Jadi konstruktor A pertama dipanggil saat objek kelas A dibuat. Pada saat objek B dibuat maka konstruktor A dipanggil lagi, kemudian baru konstruktor B dipanggil.
untuk menunjukkan bahwa variable dari kelas A diturunkan pada kelas B, pada kelas B kita menampilkan semua variable dari kelas A dan nama variable yang sama dari kelas B.
dari hasil output diatas dapat dilihat bahwa kelas B memiliki data anggota var_a, var_b, var_c melalui proses Inheritance. Sedangkan var_dtidak diwariskan, karena var_d memiliki private access

B. Polimorfisme
Polimorfisme adalah kemampuan untuk memperoleh bentuk. Dua objek atau lebih dikatakan polimorfis, bila objek-objek itu mempunyai antar muka-antarmuka identik namun mempunyai perilaku-perilaku berbeda. Bentuk ini memungkinkan kita menganggap sekelompok objek dengan tipe-tipe berbeda seperti dimiliki oleh suatu tipe yang sama. Polimorfisme merupakan fitur yang terjadi karena interaksi setiap konsep pewarisan dan dynamic binding. Contohnya pintu dan jendela memiliki perilaku yang sama yaitu dapat dibuka dan ditutup, namun untuk menutup jendela dilakukan misalnya dari atas ke bawah (vetikal), sedangkan pintu dari depan ke belakang (horizontal).

Bidvertiser.com

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...